Senin, 01 Juni 2009

Saat Rintangan Pertama Tlah Kulewati

Dalam hal apapun, saat harus melewati rintangan atau tantangan pertama, selalu memberikan beban psikologis yang lebih sulit, lebih berat, lebih menyita energi, dan lebih menakutkan. Hampir setiap orang pernah mengalaminya: saat pertama kali melamar pekerjaan, saat pertama kali mengungkapkan perasaan hati pada sang kekasih, saat pertama kali diberi jabatan, saat pertama kali menulis artikel, saat pertama kali harus pidato di depan umum, saat pertama kali menekuni profesi baru maupun saat pertama kali menjadi seorang blogger.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Kurangnya pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman atas apa yang akan kita lakukan menjadi salah satunya. Akibatnya timbul perasaan khawatir dan kurangnya rasa percaya diri. Perlu ketegaran dan kesabaran menghadapi saat-saat yang menegangkan itu. Karenanya, tidak sedikit yang terpaksa 'melempar handuk' sebelum pertandingan usai, bahkan ada pula yang sudah 'kalah sebelum bertanding'.

Sebagai seorang blogger pemula, pemberian hadiah PR-1 dari 'mbah Google, ibarat ketiban durian runtuh. Kini rintangan pertama telah aku lewati. Keyakinan diri makin kuat. Keinginan meraih peringkat yang lebih tinggi pun sepertinya tak dapat kubendung lagi. Walaupun aku sadari, rintangan yang lebih berat pasti sudah menanti. Tapi itu tak sedikitpun menyurutkan langkah untuk terus melangkah sambil terus belajar dari setiap perjalanan yang telah ditempuh, dari setiap masalah yang dihadapi, dari setiap keberhasilan yang telah diraih, ataupun dari setiap kegagalan yang pernah dialami.

Seberat apapun rintangan di depan, seterjal apapun dinding menghadang, sejauh apapun jarak yang harus kutempuh, akan kuhadapi dengan penuh optimisme. Ya, aku pikir demikian. Tidak ada yang patut aku khawatirkan. Karena aku memiliki banyak sahabat yang bisa aku minta nasehat-nasehatnya. Apalagi aku pun punya 'mbah Google, yang memiliki segudang resep mujarab, dan jurus-jurus ampuh. Betapa tidak, saat iseng-iseng mengintip 'kitab rahasia' miliknya, aku menemukan paling tidak ada sekitar 114.000 kiat, tips, petuah, wejangan tentang 'trik meningkatkan page rank' dari para maestro di bidang per-SEO-an.

Seperti pepatah bijak dari seorang Woodrow Wilson, "We grow great by dreams". Semoga aku dapat mewujudkan impian itu.