Senin, 22 Juni 2009

Ingat Hasil, Jangan Lupakan Proses

Fokus pada hasil akhir penting. Namun, proses dan upaya yang dilakukan untuk meraih hasil jauh lebih penting. Mengapa? Karena seseorang yang terlalu memfokuskan, berorientasi pada hasil akhir, akan mengabaikan bagaimana proses mencapai tujuan tersebut. Akibatnya, seringkali terjadi seseorang menjadi bingung, stress manakala gagal mendapatkan yang dia inginkan atau tidak mencapai hasil sesuai harapan dan impiannya.

Sebaliknya seseorang yang menganggap hasil hanyalah sebuah akibat, efek samping sebuah proses dapat menikmati setiap perjalanan, menghargai apa yang telah dilakukannya tanpa peduli bagaimana hasilnya. Bahkan mereka selalu lebih siap, tegar, serta dapat mengambil banyak pelajaran dari setiap kegagalan yang mereka alami.

Ilustrasi sederhana dapat diamati dari sebuah pertandingan sepak bola. Meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan adalah impian setiap klub. Semangat itu penting digelorakan, karena tanpa adanya sasaran yang harus dicapai, tidak akan ada perjuangan yang sungguh-sungguh meraihnya. Namun, ‘terlalu’ fokus pada hasil, juga dapat menjadi bumerang. Intruksi, “harus menang’ yang dimaksudkan untuk memberi motivasi dan keyakinan bagi setiap pemainnya, dalam kadar tertentu, dapat menjadi beban psikologis. Maka tidak heran apabila yang terjadi justru sebaliknya. Determinasi yang berlebihan seringkali para pemain kehilangan konsentrasi, orientasi dan visi permainan yang baik. Pemain tampak lebih tegang bahkan sering lepas kendali, sering bertindak egois, bahkan gagal dalam memanfaatkan peluang yang terbaik sekalipun.

Boleh jadi dorongan sang pelatih, “Anda harus bermain lepas! Lupakan hasil akhir! Lupakan mengalahkan lawan! Nikmati pertandingan dan tunjukan potensi terbaik pada fans Anda!” dapat memberikan hasil yang luar biasa. Bukan hanya para pemain dapat menunjukkan performa terbaiknya, bermain cantik, bahkan peluang yang ‘impossible’ pun dapat dirubah menjadi ‘possible’. Para pemain dapat menikmati permainan dari waktu ke waktu, penonton terhibur, pelatih puas, apapun hasil yang telah dicapai, kalah ataupun menang.

Seseorang yang terlalu fokus pada hasil akhir, tetapi mengabaikan setiap tahapan, proses, perjalanan dalam meraih hasil akhir, terkadang tidak siap saat menghadapi kegagalan. Yang terjadi adalah seringkali menyalahkan orang lain, tidak mengakui kelemahan dan kukurangan diri sendiri, dan tidak senang saat orang lain dapat berhasil lebih baik dari dirinya.

Seseorang yang memperhatikan proses dalam meraih cita-cita: karir, hubungan sosial, bisnis, keuangan, akan mencintai apa yang dikerjakannya, penuh antusiasme dalam melakukannya, menikmati setiap tahap dalam perjalanannya, serta menghargai setiap hasil yang dicapainya. Tak peduli seberapapun tingkat keberhasilan yang telah dicapainya.

So, tetaplah ingat hasil akhir, tetapi jangan lupakan proses!.

4 komentar:

Redeemed mengatakan...

great post ..thanks

katatia mengatakan...

"Anda harus bermain lepas! Lupakan hasil akhir! Lupakan mengalahkan lawan! Nikmati pertandingan dan tunjukan potensi terbaik pada fans Anda!”

keren bgt bro!

cahyadi mengatakan...

Setuju pak... makasih inspirasinya... tetap semangat!!!

Cerita Silat mengatakan...

Tulisan-tulisannya luar biasa. Menciptakan motivasi untuk membangun diri. Memberi inspirasi untuk berkarya dan membangun kesuksesan.

Saya salut pak.

Posting Komentar