Jumat, 26 Juni 2009

Saat Google PageRank Itu Menghilang

Padahal belum lama berselang suka cita itu aku rasakan. Belum hilang pula tebaran aroma kebahagian itu dalam ingatan. Suka cita dan kebahagiaan saat aku mendapat angka pertama PageRank beberapa minggu yang lalu.

Namun, kisah indah sang blogger pemula itu tak bertahan lama. Di penghujung bulan Juni ini, berita duka harus rela aku terima. Saat PR-ku yang hanya semata wayang kembali menghilang dari pandangan.

Perasaan kecewa tak dapat aku sembunyikan. Lebih-lebih disaat aku baru kembali nge-blog setelah hampir empat hari lamanya cuti lantaran kesibukan di dunia nyata yang sungguh menyita waktu, tenaga dan pikiranku. Mungkin agak emosional kalau aku menyebutnya inilah bulan Juni kelabu.

Perasaan sedih pun hampir tak dapat aku enyahkan. Rasa sedih karena hasil kerja keras selama lebih empat bulan seolah sia-sia. Begadang malam-malam yang aku habiskan bersama teman-teman di dunia maya seolah tanpa makna.

Boleh jadi, kesedihan yang aku rasakan itu melebihi kesedihanku saat mendengar berita kematian sang legenda dunia hiburan, King of Pop, Michael Jackson pada hari Kamis tanggal 25 Juni 2009 karena serangan jantung. Bahkan kesedihan itupun boleh jadi melebihi kesedihan atas pemandangan kotaku yang kembali semrawut oleh baligho, poster, spanduk para kandidat para capres dan cawapres yang dipasang tanpa mempedulikan nilai-nilai estetika tata ruang kota yang memang sebelumnya juga sudah tidak karuan.

Aku memang lagi bersedih. Tapi aku tidak akan mencari kambing hitam. Aku pun tidak akan berprasangka buruk bahwa 'mbah Google kurang menghargai semua pikiran yang aku curahkan, pengorbanan yang aku berikan, dan untaian kata yang aku tuliskan selama ini. Karena, di balik kesedihan itu, kini mulai bangkit kesadaran baru. Kesadaran bahwa aku harus lebih banyak belajar tentang SEO, tentang trik dan tips blogging, tentang key word, dan segala hal yang masih belum kupahami.

Dan akupun menyadari bahwa kesedihanku tak boleh menyurutkan langkah, mematahkan semangat, dan mematikan gairah atas semua yang telah aku mulai. Karena, di atas segalanya, di atas simbol-simbol kesuksesan dan popularitas sebagai seorang blogger yang diukur dengan angka 0-10 PR ataupun jumlah digit Alexa Rank, masih ada sesuatu yang lebih bermakna bagi kehidupanku, yaitu PERSAHABATAN.

Meskipun aku tidak mengenal mereka, tidak pernah berjumpa mereka, tidak pernah punya nomor HP mereka, juga tidak pernah tahu asal-usul mereka, tapi merekalah sahabat-sahabatku yang selama ini selalu setia menemani, menghibur, membesarkan hati, memberi dorongan dalam setiap hari-hariku di dunia maya. Bagiku, Google PageRank boleh menghilang, tapi persahabatan tak pernah lekang.

Selamat untuk sahabat-sahabatku yang mendapatkan kenaikan PR, semoga dapat mempertahankan dan meraih yang lebih baik di kemudian hari. Bagi yang senasib dengan diriku, bersabarlah karena harapan itu masih ada.


8 komentar:

fitri alifah mengatakan...

aku liat PR blog ini 1 pak. apa dulu nya lebih dari 1. ngga papa pak. tetap semangat!!.. yupz, persahabatan ngga boleh hilang. dan akupun tetap jadi sahabat blog ini :)

cahyadi mengatakan...

Wah, pak... jangan sedih dong.... PR itu kan cuma pemanis... yang penting kan tetep berkarya dan terus jalin persahabatan... bener kan... oke tetap semangat pak!!! salam terkasih dari seorang sahabat...

gusti&hana mengatakan...

kita senasib, tetap semangat sob..., trs cintai blog..., jgn hanyut trs...

Witho mengatakan...

Soal PR tak usah dipikirkan. Yang penting blognya tetap punya pembaca setia. Saat orang lain mendapat manfaat dari tulisan kita, itu adalah penghargaan yang jauh lebih tinggi daripada PR.

seribahasa mengatakan...

pr itu hanya pada zahir sedangkan persahabatan yang kita perolehi dari ngeblog lebih berharga. setiap tetamu yang datang dan membaca artikel kita itu adalah satu penghargaan buat kita dari para bloger. jangan berputus asa kerana pr kerana teman-temanmu sentiasa dibelakang menyokongmu.

Renungan Senja mengatakan...

Terima kasih untuk semua sahabat-sahabatku yang telah berkomentar, dan selalu menyempatkan waktu menengok gubuk reyotku ini.

Support anda adalah energi dan api semangat bagiku untuk terus melangkah, terus berpikir, terus merenung, dan terus berkarya.

Thanks for all.

Strodong mengatakan...

Never give up kang, karena apabila terus berjuang kali aja yang balik gak 1 lagi PR nya tapi langsung 10 heheheh gak mungkin ya tapi siapa tau ngasih bonus ke akang dengan PR langsung 10. aaaamiinn.. !!!!

香魚烘蛋Tata mengatakan...

徵信社,尋人,偵探,偵探社,徵才,私家偵探,徵信,徵信社,徵信公司,抓猴,出軌,背叛,婚姻,劈腿,感情,第三者,婚外情,一夜情,小老婆,外遇,商標,市場調查,公平交易法,抓姦,債務,債務協商,應收帳款,詐欺,離婚,監護權,法律諮詢,法律常識,離婚諮詢,找人,追蹤器,GPS,徵信,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信,徵信社,徵信公司,尋人,抓姦,外遇,徵信社

Posting Komentar