Kamis, 21 Mei 2009

Menulis Artikel Itu Gampang

Bagi para blogger, menulis atau menuangkan gagasan, ide, atau pemikiran dalam bentuk tulisan atau artikel sejatinya merupakan aktivitas yang amat menyenangkan. Lewat tulisan itulah, seorang blogger dapat mentransfer sesuatu yang bermakna kepada orang lain yang membutuhkan, dalam hal apapun, sesuai dengan visi dan misi-nya menjadi seorang blogger. 

Hanya saja, meskipun ide di benak telah segudang, hasrat menulis sudah menggebu, terkadang tulisan itu tak pernah bisa dituangkan juga. Alhasil blognya tak kunjung bisa diperbaharui secara berkala. Padahal, memperbaharui postingan menjadi sangat penting agar para pengunjung dan sahabatnya tidak merasa bosan dan kecewa karena disuguhi isi tulisan yang sama setiap mereka datang. 

Namun, harus diakui bahwa untuk menuangkan gagasan, ide dan pemikiran, bagi sebagian orang, terkadang bukanlah perkara mudah. Ada banyak rintangan dan hambatan. Dan, pada umumnya rintangan dan hambatan itu muncul dari dalam diri kita sendiri. 

Berikut ini adalah kiat-kiat berdasarkan pengalaman pribadi yang kiranya dapat diterapkan untuk mengatasi beberapa hambatan internal dalam menulis: 

Tulislah Yang Kita Sukai. Ketika kita menulis sebuah topik yang kita sukai, maka ide akan keluar dengan sendirinya, kalimat demi kalimat akan meluncur dari benak kita anda tanpa diminta, dan yang lebih penting kita akan enjoy mengerjakannya. Menyukai apa yang kita tulis amatlah penting karena tanpa kita sadari, kita akan memiliki energi psikologis ekstra untuk terus menulis, menulis, dan menulis.

Tulislah Yang Kita Kuasai. Jangan memaksakan diri untuk menulis sesuatu yang kita tidak memiliki cukup pengetahuan, kemampuan, atau keterampilan dalam bidang yang kita tulis. Selain akan menyita waktu untuk mencari-cari referensi tambahan, juga menulis tentang topik yang tidak kita kuasai akan menghasilkan sebuah tulisan yang ‘terasa hambar’, ‘kehilangan ruh’, dan ‘kurang spirit’. Ya, karena pasti saat kita menuangkan gagasan, ide tersebut tidak dengan sepenuh hati. Padahal, dalam menulis, totalitas itu sangatlah penting. 

Tulislah Yang Kita Pikirkan. Ide, inspirasi bisa datang kapan saja, dimana saja dan dalam situasi apa saja. Untuk itu, manakala ide datang, segera tuliskan ide tersebut dan jangan sampai fokus pikiran kita terganggu oleh bermunculannya ide-ide lainnya. Karena, terkadang banyaknya ide bisa menyulitkan kita untuk menulis. Dan, akhirnya, makin banyak ide, makin malas kita menulis. 

So, selamat mencoba! Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semua. 

2 komentar:

Haniseh mengatakan...

Thanks..yah..akhirnya aku dapat inspirasi..lanjutkan untuk saling berbagi ilmu n pengalaman..ok

Renungan Senja mengatakan...

Thanks. Komentar anda memberi energi untuk terus menulis, menulis dan menulis.Sampai ketemu di artikel lainnya.

Posting Komentar