Selasa, 07 Juli 2009

Mbah Surip dan Mbah Google

Dalam dunia musik, aku ini boleh jadi tergolong manusia aneh. Lantaran, bukan saja kurang 'engeh', juga kurang 'apresiatif'. Tidak banyak jenis musik dan penyanyi yang aku sukai. Hanya beberapa gelintir saja. Semuanya bisa dihitung dengan jari. Paling-paling Iwan Fals, Chrisye, atau Koes Plus.

Makanya, manakala sahabatku dengan berapi-api bercerita tentang seorang penyanyi berambut gimbal bernama Mbah Surip aku hanya terdiam dan bengong saja. Saat mendengar namanya aku mengira bahwa dia adalah sahabatnya kuncen gunung Merapi yang sekarang menjadi bintang iklan salah satu produk minuman berenergi, Mbah Marijan. Atau karena memakai embel-embel 'mbah' aku mengira dia adalah seorang paranormal terkenal seperti halnya Ki Gendeng Pamungkas, atau Ki Joko Bodo.

Hehehe........ malu-maluin yah...... hari gini seorang blogger ngak kenal yang namanya Mbah Surip!!!

Karena rasa penasaran atas obrolan sahabatku itu dan juga sedikit rasa malu.., aku iseng-iseng bertanya kepada sang maha guru Mbah Google. Ehhh..... rupanya emang benar jika selama ini aku ketinggalan informasi terkini soal dunia musik di tanah air. Sedikit terperangah, takjub, sekaligus rasa heran ketika melihat hasil penulusuran Mbah Google yang menunjukkan betapa populernya sang penyanyi nyentrik tersebut.

Tanpa kusadari beberapa situs yang memuat profil, koleksi photo, kisah perjalanan meraih sukses, koleksi video klip, dan kumpulan lagu-lagu mp3 kakek berusia 70 tahun kelahiran Mojokerto Jawa Timur ini aku singgahi, aku baca, aku simak, dan akhirnya aku download juga beberapa karyanya, diantaranya Bangun Tidur.

Sambil blogwalking ke blog tetangga dengan berharap menambah jumlah traffic, serta chatting dengan sahabat lamaku lewat Yahoo! messenger, aku putar lagu hasil download-ku itu.

bangun tidur, tidur lagi
bangun lagi, tidur lagi
bangunnnn, tidur lagi .............. dst

Saat pertama kali mendengar lagunya terkesan aneh, lucu, dan terasa asing di telinga. Namun entah mengapa lama-lama jadi asyik juga. Aku merasakan irama, syair, serta ekpresi yang begitu natural saat sang kakek menyanyikan lagu itu. Seolah memiliki daya magnet yang luar biasa membuat orang betah mendengarnya berulang-ulang. Ada nuansa yang jauh berbeda saat mendengarkan lagu-lagu karya anak-anak muda sekarang ini. Akupun tidak sangsi lagi kalau lagu-lagu karya Mbah Surip ini disukai tidak hanya orang dewasa melainkan juga anak-anak, tidak hanya diputar di warung-warung kopi tapi juga juga di kantor-kantor.

Kehadiran pemusik jalanan bernama lengkap Urip Ariyanto ini merupakan fenomena baru dalam blantika musik di Indonesia. Keberhasilan bersaing ditengah begitu maraknya persaingan menunjukkan bahwa karya-karya Mbah Surip ini memiliki kekuatan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kebanyakan pemusik di Indonesia. Dan kelebihan itu menurutku yang tidak begitu paham tentang dunia musik adalah kesederhanaan, kejujuran, dan kepedulian.

Hingga saat ini memang aku belum mendengarkan semua lagu-lagunya yang katanya telah mengeluarkan empat album, yaitu Ijo Royo-royo (1997), Indonesia I (1998), Reformasi (1998), Tak Gendong (2003) dan Barang Baru (2004). Namun paling tidak sekarang ini aku menjadi salah satu penggemar beratnya Mbah Surip. Dan, hehehe.... sepanjang hari lagu-lagunya selalu menemaniku di sela-sela bekerja, dan berselancar di dunia maya.

Di tengah segudang persoalan hidup yang kian berat, kehadiran Mbah Surip boleh jadi menjadi sedikit pelipur lara, pelepas penat dan melupakan sejenak segala persoalan. Namun bukan hanya itu, dia juga telah memberi inspirasi bahwa selama hidup jangan pernah berhenti belajar, selalu bekerja keras dan pantang menyerah, hidup dalam kesederhanaan, mengutamakan kejujuran dan kepedulian terhadap sesama.

Selamat dan sukses selalu buat Mbah Surip!


1 komentar:

Irfan Melodic mengatakan...

Yup, lagu Mbah Surip emang bagus-bagus Pak. Aku baru ada yang album Tak gendong tahun 2003. Itu bagus-bagus dan ga ada unsur sex-sex-nya....

Sekarang giliran ente berkomentar di postingan terbaru saya. Saya tunggu ya. Thank you :)

Best regards,

Irfan Melodic Nugroho
http://melodic-4.blogspot.com
http://news-fact.blogspot.com

Posting Komentar