Minggu, 17 Mei 2009

Setiap Kejadian Ada Hikmahnya

Prettttt.... tiba-tiba listrik di rumahku mati sore hari tadi.

Kesal. Kecewa. Jengkel. Semuanya berbaur menjadi satu.

Bukan matinya listrik yang aku kecewakan karena kalau masalah yang satu ini sudah lumrah terjadi di negeri ini. Namun, yang membuat aku sedikit kesal, kecewa dan jengkel adalah karena sore itu aku sedang serius mengutak-atik blogku, sedang asyik-asyiknya chatting sambil menjelajah dunia maya untuk menemukan sesuatu yang berharga seperti banyak orang-orang ceritakan.

Aku mencoba bersabar. Sepuluh, dua puluh, tiga puluh menit sudah berlalu. Sekian lama kutunggu, aliran listrik yang menghilang itu belum juga kembali. Dan, dengan perasaan jengkel aku tinggalkan komputerku, kurebahkan badanku yang di atas sofa. Entah karena rasa jengkel atau karena rasa lelah, perlahan mataku mulai berat, kantuk pun tak bisa aku tahan.

Zzzzzz...... Zzzzzzz......... Zzzzzz........

Aku terbangun saat malam menjelang tiba. Rupanya cukup lama aku tertidur. Kini, badanku terasa lebih segar. Dan yang lebih penting lagi, yang membuat hatiku bahagia, lampu-lampu di rumahku telah kembali menyala. Kini aku dapat kembali blogwalking, chatting, dan posting.

Walau sebelumnya hatiku diliputi sedikit perasaan jengkel, kesal, dan kecewa karena listrik mati, namun saya bisa mengambil hikmah dari kejadian sore hari tadi. Sebuah hikmah kehidupan bahwa pada suatu ketika kita akan menghadapi kejadian yang tidak menyenangkan, yang dapat membuat perasaan kita kecewa, sedih, jengkel dan perasaan negatif lainnya.

Dan pada saat kita mengalaminya tidaklah berguna apabila diri kita mengeluh, menggerutu, maupun mengomel, karena itu semua tidak dapat menyelesaikan masalah. Yang harus kita lakukan adalah kita harus mengambil pelajaran dari setiap kejadian yang kita alami. Kita harus selalu berpikir positif karena pasti ada hikmah di balik masalah yang kita hadapi.

Bukankah karena litrik mati saya bisa istirahat sejenak untuk memulihkan stamina yang cukup terkuras saat berjam-jam lamanya berselancar di dunia maya? Bukankah karena listrik mati telah memberikan kesempatan kepada CPU komputerku untuk cooling down sehingga dapat terhindar dari over heating? Dan bukankah karena listrik mati juga pulsa smart-ku dapat sedikit aku hemat?.

So, ambilah sisi positif atas setiap kejadian yang tidak menyenangkan yang sewaktu-waktu dapat kita alami.

0 komentar:

Posting Komentar