Kamis, 30 April 2009

Saat Masalah Datang Menghadang

Benar kata orang bijak yang mengatakan bahwa hidup ini selalu dihiasi berbagai masalah, diwarnai berbagai persoalan, dipenuhi berbagai rintangan dan dibayangi berbagai tantangan. Selama hayat masih dikandung badan, hal-hal tersebut tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. 

Kalau kita renungkan, waktu demi waktu yang kita lalui, masa demi masa yang kita jelang, masalah hidup itu selalu ada. Dan, boleh jadi ia datang tanpa diundang.  

Masalah hidup bisa menimpa kita dalam wujud apa saja, kapan saja dan di mana saja - seperti iklan salah satu merek minuman bersoda ya?  Mulai dari persoalan sepele, hingga persoalan yang membuat kepala terasa mau pecah. Mulai dari masalah kecil di rumah tangga sampai urusan besar di tempat kerja yang dapat membuat jiwa tak berdaya. Mulai dari masalah terjebak macet di perjalanan hingga dihianati oleh orang-orang tersayang yang dapat membuat hidup tersiksa. Mulai dari masalah kekurangan uang belanja hingga kehilangan pekerjaan yang membuat seolah bumi gelap gulita.       

Dalam kasus dan kadar tertentu masalah dan persoalan hidup yang menimpa kita terkadang dapat menjadi beban pikiran, menghilangkan rasionalitas, nalar, juga kejernihan berpikir. Padahal, kalau kita berani menghadapinya, berusaha segala daya mengatasi dan mencari solusinya, justru akan memperkaya pengalaman bathin, makin memperkokoh jiwa, serta makin memperteguh keyakinan. Semakin banyak masalah yang kita hadapi, semakin banyak rintangan yang kita lewati, semakin banyak persoalan yang kita selesaikan, maka semakin kuatlah jiwa kita. Segala masalah dan persoalan hidup adalah tempaan untuk membuat pikiran dan hati kita semakin tajam. 

Oleh karena itulah, tidak ada alasan untuk lari dari masalah. Tidak ada alasan untuk menghindar dari persoalan. Lari dan mengindar dari masalah bukanlah solusi, bahkan semua itu akan memperbesar masalah dan persoalan. 

Dan orang yang hebat bukanlah mereka yang tidak mempunyai masalah dalam hidupnya, melainkan mereka yang mampu mengatasi dan mencari solusi atas setiap masalah dan persoalan yang dihadapi. Mereka adalah orang-orang yang tidak pernah lari pontang panting menghindarinya, apalagi berusaha mencari kambing hitam.  

0 komentar:

Posting Komentar