Sabtu, 21 Maret 2009

Tips Mengatasi Rasa Bosan

Rutinitas dapat menjadi faktor timbulnya rasa bosan. Berangkat kerja pada jam yang sama, melewati route yang sama, bertemu dengan teman-teman yang sama, melakukan pekerjaan yang sama, yang apabila dilakukan terus menerus untuk waktu yang lama dapat menimbulkan rasa bosan dan kejenuhan.

Dalam batas yang tertentu adalah hal yang wajar. Namun apabila dibiarkan berlarut-larut, dan rasa jemu kian memuncak, ini dapat menimbulkan stress. Dampaknya jelas akan mengganggu produktivitas juga kebahagiaan hidup.

Berikut ini merupakan tips sederhana bagaimana mengatasi rasa jenuh yang sering kita hadapi:

1. Ciptakan Suasana Baru


Kalau mungkin lakukan perubahan tata letak ruang kerja Anda yang membuat Anda merasa lebih nyaman dan rileks. Kalau perlu tambahkan assesoris yang membuat Anda betah, misalnya photo putra/putri Anda, atau kucing kesayangan Anda.

2. Sempatkan Berlibur

Berlibur tidak selamanya identik dengan pengeluaran anggaran yang besar. Kalau kita cerdas dan cermat ada banyak cara berlibur dengan biaya murah. Dan, berlibur tidaklah harus pergi ke tempat wisata yang memerlukan biaya mahal. Yang penting adalah bagaimana Anda meluangkan waktu untuk pergi ke suatu tempat yang membuat pikiran sejenak terbebas dari beban pekerjaan. Pilih lokasi yang dekat rumah namun suasananya nyaman. Berlibur ke tempat yang jauh, dan melelahkan terkadang dapat menambah beban pikiran.

3. Menjalankan Hobbi

Luangkan waktu untuk menikmati hobbi Anda. Olah raga, membaca novel, menulis artikel, mengurus tanaman, atau hobbi apapun yang dapat membuat Anda senang dan bahagia karenanya.

4. Lakukan Aktivitas Baru

Pada waktu senggang cobalah melakukan pekerjaan yang tidak biasanya. Membaca buku cerita anak, membantu pekerjaan istri, belajar melukis, atau pekerjaan apapun yang dapat memberikan pengalaman baru kepada Anda. Dan apabila dilakukan dengan perasaan santai akan mengurangi beban pikiran sehingga pikiran kembali rileks.

5. Love it or Leave it

Namun yang paling penting adalah Anda harus berusaha untuk dapat mencintai pekerjaan Anda. Kalau Anda memang tidak tahan, dan benar-benar dihinggapi rasa bosan yang tidak dapat Anda atasi, Anda dapat mencari pekerjaan lain yang mungkin lebih sesuai. ***

0 komentar:

Posting Komentar