Selasa, 17 Maret 2009

Jangan Putus Asa


Jangan pernah punya anggapan perjalanan hidup kita selalu mulus, bebas hambatan, sempurna, dan persis 100% seperti apa yang kita harapkan. Pada suatu ketika, kita bisa saja menghadapi masa-masa sulit, kejadian yang tidak menyenangkan, dan pengalaman pahit yang tidak kita inginkan.

Terkadang, rencana yang kita susun, kerja keras yang kita lakukan, tidak menghasilkan apapun, selain kegagalan. Bahkan, sematang apapun kita merencanakan, atau sebaik apapun kita melakukannya, kejadian yang tidak terduga dapat kita alami.

Banyak contoh, kejadian di sekitar kita yang dapat diambil pelajaran. Lihatlah, bagaimana seorang Valentino Rossi, sang legenda motor GP yang pernah terjatuh di lintasan balap. Atau, bagaimana seorang bintang lapangan hijau, Cristiano Ronaldo yang pernah gagal menjadi algojo di titik pinalti.

Inilah kehidupan. Selalu ada kejutan, kejadian yang tidak terduga. Dan pada saat mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, tidak perlu kita berlarut dalam kekecewaan, menyesali diri berlebihan, apalagi putus harapan.

Sebaliknya, kita harus dapat mengambil pelajaran dari kegagalan tersebut; lebih hati-hati dalam tindakan, lebih matang dalam perencanaan sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama dikemudian hari. Jadikan setiap pengalaman pahit sebagai 'obat kuat' untuk bangkit, berdiri, dan kembali berlari.

Jangan putus asa, karena seorang nakhoda yang hebat adalah mereka yang pernah merasakan ganasnya gelombang samudra, bukan yang hanya diam di dermaga. *****








0 komentar:

Posting Komentar