Senin, 23 Maret 2009

Do It NOW!

"Memulai adalah bagian terpenting dalam meraih sukses"
_ Plato _


Menjelang senja, kira-kira sepuluh hari yang lalu, aku nongkrong di meja kerja seorang teman yang sedang asyik mengutak-atik blog miliknya.

Entah mengapa, tiba-tiba saja terlintas dalam benakku keinginan memiliki blog di mana aku dapat menuliskan ide, pikiran, gagasan, perenungan, yang bebas dari subjektivitas dan penilaian orang lain. Angap saja tempat curhat, catatan harian, atau kalau perlu tempat berbagi dengan teman.... gitu lho.

Walau aku bukan orang yang mahir mengutak-atik komputer, dan hanya bermodalkan beberapa tips cara membuat blog dari sang teman, besoknya aku mencobanya. So, jadilah blog-ku ini walau tidak sebaik milik sang temanku itu.

Di saat senggang aku selalu menyempatkan diri untuk menulis apa pun yang dapat aku tulis, mencurahkan apapun yang sedang aku pikirkan. Tentu saja tidak lupa mengutak-atik fitur blog di sana-sini biar blog-ku tampil lebih keren. Walaupun hasilnya belum memuaskan aku tetap bangga karena telah memiliki apa yang aku inginkan.

Secuil pengalamanku tadi boleh jadi menjelaskan apa yang pernah seorang pilsof Yunani Kuno katakan. Benar adanya bahwa jika kita tidak pernah mau memulai maka kita tidak akan pernah meraih apapun yang kita inginkan. Tanpa mulai berbuat, maka impian hanyalah impian dan tidak akan pernah menjadi kenyataan.

Hanya saja memang memulai sesuatu dalam hal apapun adalah yang paling sulit dan berat. Dan kita semua seringkali merasakan itu semua. Bagi seorang penulis seringkali kesulitan saat membuat kata atau kalimat pertamanya. Bagi seorang karyawan, selalu saja ada keinginan untuk menunda pekerjaan yang dapat diselesaikan lebih awal.

Hambatan untuk dapat melakukan pekerjaan dengan segera banyak bersumber dari dalam diri kita sendiri. Seringkali kita menunda ide, gagasan dalam karya nyata karena merasa belum cukup waktu, belum memiliki cukup pengetahuan, belum siap menanggung resiko dan sebagainya.

Dan, aku yakin sekali kalau waktu itu aku menundanya, karena harus belajar dulu sebanyak-banyaknya, dan dihantui perasaan takut blog aku dianggap kampungan dan cemas kalau-kalau isinya diledek orang, pastilah hari ini pun blog kesayangku ini belum jadi.

So, kalau Anda punya ide, gagasan KERJAKAN SEGERA, JANGAN DITUNDA. Seorang penyair besar, Maulana Jalaluddin Rummi pernah bertutur,

Waspadalah!
Jangan terus mengatakan 'esok'.
Banyak 'esok' telah berlalu.




0 komentar:

Posting Komentar