Kamis, 26 Maret 2009

Tips Anak Gemar Membaca

Bagi sebagian orang tua, apalagi yang memiliki keterbatasan waktu berinteraksi dengan sang anak, seringkali menghadapi masalah dalam hal membiasakan kegemaran membaca kepada anak-anak mereka. Padahal melatih kegemaran membaca sejak dini memberi dampak positif terhadap sikap dan perilaku anak dikemudian hari.

Mengapa gemar membaca perlu dilatih kepada sang anak sejak dini? Karena dengan membiasakan sang anak gemar membaca, entah itu buku cerita, atau buku pelajaran sekolah, akan menumbuhkan sikap positif, semangat dan gairah belajar mandiri, tanpa harus disuruh atau diawasi oleh orang tua.

Berikut ini tips yang sekiranya dapat diterapkan agar anak-anak kita memeliki kegemaran membaca.

Berilah Contoh

Sudah ditakdirkan bahwa setiap anak memiliki naluri untuk selalu meniru sikap, perilaku, tindakan dan kebiasaan orang tuanya atau orang-orang yang terdekat dengan dirinya. Sang anak akan lebih banyak serta lebih cepat dan mudah belajar dari contoh bukan dari kata-kata. Untuk itu, memberi contoh merupakan metoda pengajaran yang paling efektif.

Sangatlah sulit membayangkan atau bahkan mustahil sang anak memiliki hobi membaca apabila sang anak tersebut lebih sering melihat orang tua, kakak, dan orang terdekat dengan dirinya menghabiskan waktu dirumahnya hanya untuk menonton film, sinetron di layar kaca. Bahkan tidak pernah melihat para orang tuanya membaca sebuah bukupun.

Jangan lupa, menyuruh, menyarankan, dan membujuk sang anak dengan kata-kata saja tidaklah cukup. Berilah contoh nyata!

Luangkan Waktu ke Toko Buku

Objek wisata, atau tempat menarik lainnya merupakan pilihan utama berlibur keluarga bagi kebanyakan orang tua. Namun demikian, ada baiknya, meluangkan waktu untuk mengajak anak-anak pergi ke toko buku. Pada mulanya boleh jadi sang anak ogah-ogahan, karena mereka lebih suka pergi ke tempat jajanan atau bermain game. Biarkanlah sang anak memilih buku kesukaanya, selama bukunya sesuai untuk seusianya. Tanda kita sadari kebiasaan pergi ke toko buku akan membentuk kebiasaan sang anak untuk mencitai buku.

Temani Mereka Saat Membaca

Dalam suasana santai, mintalah sang anak menceritakan kembali isi buku yang dibacanya. Hal ini penting karena dapat merangsang si anak untuk lebih memahami isi bacaannya. Selain itu, luangkan waktu untuk menemani sang anak saat membaca buku. Jangan pernah mengacuhkan apabila sang anak menanyakan istilah atau kata yang belum dimengertinya. Berilah jawaban dan pengertian. Maka sang anak pasti akan senang, karena Anda memperhatikan mereka.

Hadiah Buku Untuk Moment Special

Pada moment special, entah itu hari ulang tahun, kenaikan kelas, atau momen lainnya, cobalah sekali-kali ganti hadiah yang biasa Anda berikan kepada mereka dengan buku bacaan - buku cerita atau buku lainnya yang bermanfaat. Hal ini penting untuk memberikan kesadaran kepada sang anak bahwa buku merupakan benda yang berharga, tidak kalah berharganya dengan jenis hadiah lainnya.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat melatih anak-anak kita menjadi generasi yang gemar membaca.

0 komentar:

Posting Komentar