Selasa, 24 Maret 2009

Jangan Remehkan Hal Sepele

Ada sebuah pengalaman aku yang cukup menggelikan, kalau tidak dibilang memalukan. Ceritanya begini:

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 16 Maret 2009, aku membeli sebuah fasilitas modem hp CDMA, SMART. Aku membelinya karena alat tersebut dapat aku gunakan untuk melakukan koneksi di mana saja. Lebih mobile kira-kira begitulah.

Hari Pertama: Singkat cerita, si SMART itu aku langsung instal pada laptopku. Sebelumnya, aku tidak mengira akan menemui kesulitan. Eh..... ternyata setelah di install beberapa kali, ngak bisa nyambung. Dicoba lagi ... ngak bisa. Dicoba lagi .... ngak bisa juga. Dan dicoba lagi ... masih juga ngak bisa. Saking bosannya, terpaksa aku minta bantuan teman-teman sekantor. Denan susah payah akhirnya berhasil. Legalah rasanya hatiku. Rasa cemasku pun sedikit demi sedikit menghilang.

Hari Kedua: Malam hari aku kembali mencoba lagi fasilitas baruku itu. Ternyata ........ apa yang aku takutkan sebelumnya terjadi lagi. Si SMART itu kembali ngadat dan bikin aku kesal. Padahal, aku ingin sekali mengisi tulisan di blog kesayanganku. Dengan sisa kesabaranku, aku mencoba melakukan instal ulang, barangkali saja dewi fortuna lagi berbaik hati. Tapi, ....... hingga tengah malam, usahaku hanya sia-sia. Dengan perasaan jengkel, kumatikan saja komputerku. Jam begadangku malam itu aku alihkan ke acara sepak bola.

Hari Ketiga, Keempat, dan Kelima: Adalah hari-hari yang makin membuat aku kecewa dan kesal. Pasalnya, dengan penuh harap, si SMART itu akan berbaik hati saat aku bawa pergi ke luar kota selama tiga hari. Aku pikir, kalau fasilitas itu berfungsi aku bisa menggunakannya di perjalanan. Lumayan, biar ngak suntuk. Namun, kenyataannya sama saja. Si SMART itu masih saja ngadat.

Hari Keenam: Mumpung masih garansi, aku pergi ke Customer Service. Pikirku kalau memang alatnya rusak, kan bisa diganti dengan yang baru. Anehnya, setalah dicoba oleh CS-nya, ternyata bisa berfungsi normal. Dan hanya butuh waktu tidak lebih dari sepuluh menit saja! Dan di sana aku baru tahu bahwa ada KESALAHAN KECIL yang aku lakukan yang membuat alat itu tidak berfungsi. Apa? Hal sepele saja. Pertama, aku sering mengunta-ganti posisi port USB. Kedua, aku tidak pernah melakukan 'disconnect' dulu, melainkan langsung aku cabut itu yang namanya kabel USB-nya. He.. he...he... malu khan?

Hari Ketujuh: Setelah hari itu, aku dapat menggunakan si SMART-ku itu cukup memuaskan, hampir tanpa kendala selain kecepatannya yang agak 'boyot' daripada SPEEDY. Dan akupun dapat tetap menulis untuk blog kesayanganku, termasuk salah satunya tulisanku ini.

Dan satu hal yang lebih penting lagi adalah aku dapat mengambil hikmah dari kesalahan yang pernah aku lakukan. Bahwa kita jangan menyepelekan hal-hal kecil, karena seringkali masalah besar timbul berawal dari masalah sepele.


0 komentar:

Posting Komentar